5 Tips Mengelola Keuangan Terbaik untuk Pemilik Usaha Kecil

5 Tips Mengelola Keuangan Terbaik untuk Pemilik Usaha Kecil

Setiap pemilik usaha kecil menyadari tantangan keuangan yang mereka hadapi ketika mengelola bisnis mereka. Meskipun mengelola keuangan penting untuk setiap jenis bisnis, sebagian besar pemilik usaha kecil berhak menjadikannya prioritas utama mereka sehingga mereka dapat tetap menguntungkan dan menghindari masalah arus kas. berikut adalah beberapa tips manajemen keuangan yang mudah dan realistis untuk usaha kecil untuk membantu Anda menguasai keuangan bisnis Anda tanpa perlu menyewa seorang profesional.

Hindari Menggabungkan Keuangan Bisnis dan Pribadi

Menghubungkan keuangan bisnis dan pribadi adalah mimpi buruk bagi sebagian besar pakar keuangan. Menggunakan dana bisnis untuk penggunaan pribadi atau mengamankan pengeluaran bisnis dengan beberapa tabungan pribadi Anda dapat menyelesaikan pekerjaan pada saat ini tetapi pasti akan menciptakan kekacauan yang mungkin memerlukan pinjaman tambahan untuk stabilitas dalam jangka panjang.

Catat Pengeluaran Anda

Kehilangan jejak pengeluaran bisnis setelah jangka waktu tertentu sangat umum di antara banyak pemilik usaha kecil. Tagihan yang menumpuk dan pengeluaran lain-lain adalah hasil dari seseorang yang tidak mencatat pengeluarannya. Hal ini pada akhirnya mengarah pada masalah yang lebih mengkhawatirkan seperti pengeluaran yang berlebihan dan penggunaan dana bisnis untuk hal-hal non-bisnis.

Buat Jadwal Pembelian

Membuat jadwal pembelian dan menaatinya adalah salah satu keputusan bisnis awal yang paling penting untuk dibuat. Ini berarti tidak membeli inventaris baru atau melakukan pembayaran tambahan sampai dan kecuali tagihan jatuh tempo dibayar dan menunggu stabilitas keuangan sebelum melakukan pembelian baru.

Potong Pengeluaran yang Lebih Besar

Sebagai pemilik usaha kecil, kemungkinan anggaran Anda akan terbatas itulah sebabnya Anda perlu mengamati dan mengurangi beberapa pengeluaran besar Anda untuk memungkinkan arus kas dalam bisnis. Hal ini dapat dilakukan dengan meninggalkan ruang kantor yang besar dan online untuk penurunan drastis dalam biaya real estat.

Kompensasi Diri Sendiri Dulu

Sangat umum di antara pemilik usaha kecil untuk mengerahkan semua upaya, keringat, dan uang mereka ke dalam bisnis untuk membuatnya berdiri dan berjalan. Tetapi yang sering mereka lupakan adalah bahwa mereka adalah aset terpenting dari bisnis dan karenanya mereka harus membayar diri mereka sendiri terlebih dahulu. Anehnya, hanya sekitar 50% pemilik usaha kecil yang membayar sendiri.