9 Langkah-Langkah untuk Menjual Bisnis Anda

9 Langkah-Langkah untuk Menjual Bisnis Anda

Seperti kebanyakan hal dalam hidup, cara terbaik untuk mendekati penjualan bisnis Anda adalah dengan mengikuti beberapa langkah sederhana. Menemukan pembeli dan menyelesaikan kesepakatan mungkin tampak cukup sederhana, tetapi ada banyak sekali langkah hukum dan keuangan yang harus Anda ambil untuk memastikan bahwa Anda terlindungi, belum lagi mengatur untuk mendapatkan harga terbaik untuk bisnis Anda.

1. Perencanaan

Sebagai langkah pertama yang kritis, lakukan analisis fundamental secara menyeluruh, bersihkan catatan keuangan Anda dan hindari pengeluaran yang tidak perlu. Nilai keterlibatan Anda, dapatkah pertunjukan berlangsung tanpa Anda? Tujuan Anda adalah memaksimalkan laba dan menyusun bisnis untuk memungkinkan transfer kepemilikan dengan dampak minimal pada operasi dan profitabilitas.

2. Penilaian Nilai Bisnis

Menilai nilai bisnis Anda lebih canggih daripada memutuskan apa yang menurut Anda layak, darah, keringat, dan air matamu hanya berharga untukmu. Intinya adalah, bisnis Anda sepadan dengan apa yang pembeli bersedia bayar untuk itu. Dalam setiap contoh, kami menyarankan menggunakan broker bisnis profesional untuk menilai nilai bisnis Anda.

3. Dokumentasi

Segala sesuatu yang perlu diketahui pembeli tentang bisnis Anda disajikan dalam Memorandum Informasi yang disiapkan secara profesional adalah dokumen penting saat menjual bisnis Anda, itu harus komprehensif, akurat dan mewakili bisnis dengan jujur.

4. Mengidentifikasi Pembeli

Dibutuhkan lebih dari sekadar menetapkan harga yang tepat untuk menemukan pembeli ideal Anda. Akses ke database pembeli yang memenuhi syarat berarti persaingan yang lebih besar dan harga jual yang lebih baik.

5. Pemasaran

Kampanye pemasaran harus direncanakan dan dilaksanakan dengan cermat. Pemasaran yang baik akan memastikan bisnis Anda diperhatikan sejak awal, gagal melakukannya, dan bisnis Anda bisa duduk di pasar terlalu lama, daftar akan menjadi basi, dan nilai yang dirasakan akan anjlok.

6. Pembeli yang Memenuhi Syarat

Proses ini akan menentukan apakah calon pembeli Anda termotivasi dan diposisikan untuk menyelesaikan pembelian. Anda dapat membuang banyak waktu berharga bekerja dengan seseorang yang tidak memiliki perlengkapan yang memadai untuk melihat transaksi hingga penyelesaian, atau lebih buruk lagi, melewatkan pembeli yang sempurna saat Anda melakukannya! Ini memakan waktu tetapi proses yang vital, yang terbaik diserahkan kepada broker bisnis yang berpengalaman.

7. Perjanjian Jual Beli

Mendapatkan kepercayaan dan keyakinan pembeli sangat penting untuk kesuksesan. Saat menandatangani Perjanjian Kerahasiaan, pembeli akan menuangkan IM Anda dengan sisir bergigi halus. Mereka akan berkonsultasi dengan penasihat mereka saat mereka menilai bisnis Anda. Jika semua tanda menunjukkan ya, Perjanjian Jual Beli akan disiapkan, ini akan menguraikan syarat dan ketentuan penjualan dan akan mencakup klausul uji tuntas. Pada titik ini bisnis “berdasarkan kontrak” dan pembeli diharuskan melakukan pembayaran deposit.

8. Uji Tuntas

Menandatangani Perjanjian Jual Beli tidak berarti bisnis tersebut dijual. Pembeli ingin memverifikasi informasi yang diberikan dan meninjau detail apa pun yang sebelumnya tidak tersedia, mereka akan ingin melakukan uji tuntas mereka. Pada titik ini, Anda akan lega bahwa Anda meluangkan waktu untuk merencanakan penjualan Anda dan berada di semua elemen penting bisnis Anda. Kejutan apa pun bisa membuat kesepakatan itu gagal pada rintangan terakhir. Setelah semua kondisi (termasuk uji tuntas. dalam perjanjian telah dipenuhi, bisnis dinyatakan tanpa syarat.

9. Penyelesaian

Pengacara akan menyelesaikan semua dokumen hukum, inventarisasi akhir akan dilakukan, dan penjualan akan diselesaikan. Saatnya untuk merayakan. Semua kerja keras Anda tidak sia-sia!